Khamis, 2 Mei 2013

11 tips-CARA MERAIH KESUKSESAN

Dalam hidup ini pastilah setiap orang mendambakan kesuksesan baik itu dalam pekerjaan,pendidikan,rumah tangga.Tapi pada hakekatnya setiap orang adalah ingin mencapai keberhasilan.
dalam mencapai tujuan hidupnya.Banyak orang melakukan berbagai cara untuk meraih kesuksesan terkadang sampai sudah tidak perduli lagi dengan halal dan haramnya.Segala cara mereka lakukan untuk mencapainya sebagai contoh saja para pemimpin kita banyak sekali yang melakukan korupsi.
       Kali ini saya akan berbagi tips dan cara menempuh kesuksesan oke kita langsung saja pada uraiannya

Keraguan akan kemampuan diri sendiri dan rasa takut mempengaruhi kemampuan kita dalam meraih ujuan atau menetapkan cita-cita.Keraguan dan rasa takut adalah suara-suara dalam kepala yang mengatakan kepada kita bahwa kita tidak bisa ,bahwa kita akan gagal ,lalu kenapa anda mencoba
"Anda pikir anda siapa?".Keraguan dan rasa takut  juga memperdengarkan kepada anda suara-suara untuk memutuskan menyerah sebelum anda memulainya

      Banyak orangn yang berpengalaman dengan keraguan dan rasa takut pada suatu hal dalam hidupnya mereka mengambil tindakan untuk mengatasinya.Sementara banyak orang lainnya yang terjebak atau merasa percaya diri dalam satu hal saja dalam hidup mereka,misalnya pekerjaan mereka terlalu takut untuk melakukan hal baru atau peluang yang lebih baik sehingga tidak ada perubahan dalam hidupnya.Ketika kita membiarkan keraguan dan rasa takut mengatur hidup kita,kita akan kehilangan peluang atau kesempatan meraih kesuksesan.Oke dibawah ini ada beberapa tips cara untuk meraih kesuksesan yaitu:

  1. Buat data rasa takut anda,hanya dengan mengetahui rasa takut anda maka anda dapat mencari solusinya.Tulisakan bagaimana ras takut itu mempengaruhi hidup anda.
  2. Ambilah hanya pikiran-pikiran postif dari Bank pikiran anda yaitu otak
  3. Mulailah membangun sistem dukungan dari teman-teman dan hindari orang-orang yang memberi perkembangan negatif pada diri anda
  4. Ubah pesan negatif dari pikiran anda menjadi pesan yang menegaskan dan membangun
  5. Bergabunglah dengan kelompok orang-orang sukses karena ada pepatah mengatakan"Burung-burung yang berbulu sama akan terbang bersama" jadi inya Alloh anda akan terbawa sukses
  6. Berpikirlah sukses jangan berpikir gagal contoh: pada saat anda mengalami situasi sulit katakan "saya akan menang"  bukan "saya akan kalah"
  7. Ingatkan secara teratur bahwa anda lebih baik dari yang anda kira
  8. Percaya besar! Besar kecilnya keberhasilan anda ditentukan oleh besar kecilnya kepercayaan anda
  9. Jangan pernah meremehkan otak kita dan terlalu menganggap hebat kekuatan otak orang lain
  10. Hilangkan dalih-dalih yang selama ini menghalangi anda untuk mendapatkan kesuksesan contoh : "saya masih terlalu muda" ,"saya terlambat untuk melakukan itu" "Pendidikanku terlalu rendah" 
  11. Bacalah buku yang membuat anda yakin dengan diri anda
Sebelas tips Cara meraih kesuksesan diatas Insya Alloh jika anda menjalankannya dengan sungguh maka akan ada perubahan besar dalam hidup anda. Ingatt! Jika anda percaya dapat berhasil,andapun bisa.


sumber : http://wanhaisky.blogspot.com/2013/01/11-tips-cara-meraih-kesuksesan.html

10 Negara Wisata Favorit Tahun 2013

TEMPO.CO, Jakarta - Tahun 2012 tinggal menghitung minggu dan akan berlalu, tergantikan dengan tahun 2013. Banyak rencana yang sudah mulai disiapkan untuk menyambut tahun depan. Salah satunya adalah merencanakan bepergian mengunjungi tujuan wisata yang baru.

Seperti yang sudah-sudah, menjelang akhir tahun, Lonely Planet rutin mengeluarkan daftar tujuan wisata terbaik untuk setahun ke depan. Berikut adalah sepuluh negara yang setiap tahunnya ramai dikunjungi wisatawan dan wajib dikunjungi.

1. Sri Lanka
Sempat dihantam tsunami pada 2004, serta terjadi perang saudara sepanjang 1983-2009, menyebabkan banyak daerah di Sri Lanka dilarang untuk dikunjungi oleh wisatawan. Namun kini, setelah konflik selesai, banyak investasi muncul pada sektor pariwisata. Jumlah wisatawan pun kian meningkat. Dengan biaya hidup terjangkau serta banyaknya penerbangan berbiaya murah dari Bangkok, Sri Lanka menjadi salah satu negara tujuan wisata terbaik.

2. Montenegro
Alam yang sangat produktif dan kreatif di Montenegoro menggambarkan simbol menarik seperti menyulap pantai kotor dan meramaikan pantai sepanjang Riviera. Namun, pastikan untuk membawa sepatu gunung dan setelan baju renang karena kecantikan Montenegro tak kalah hebat dalam hal alam liarnya. Jalur perjalanan baru terus bermunculan, begitu pun dengan jalur sepeda. Pembangunan infrastruktur membuat alam lebih mudah diakses, sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi penduduk lokal.

3. Korea Selatan
Diam-diam, Korea Selatan berkembang menjadi tujuan wisata alam terbuka dengan potensi yang dapat dimanfaatkan untuk golf, pendakian, dan memancing. Meski belum banyak dipublikasikan, beberapa wisatawan asing telah mengetahuinya.

4. Slovakia
Dua dekade dari Revolusi Velvet, Slovakia menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di Eropa. Bergabung dengan Uni Eropa, negara ini berada di peringkat teratas Google dalam pencarian paket ski murah dan pertunjukan rusa pada akhir pekan.

5. Kepulauan Solomon
Lupakan pasar atau tempat-tempat mewah, mulailah melirik wisata lingkungan, menginap di pedesaan, dan menyelam di tempat-tempat terbaik yang ada. Dahulu penerbangan ke Kepulauan Salomon sangatlah terbatas, transportasi dalam negeri sulit, infrastuktur kurang, perang saudara banyak terjadi, dan beberapa tempat terjangkit malaria. Ini menyebabkan jarangnya wisatawan datang. Namun kini, berwisata dapat lebih mudah dengan berkurangnya perang saudara dan ancaman nyamuk malaria.

6. Ekuador
Pada 2013, Ekuador mengubah jalur kereta apinya dengan membangun jalur baru yang menghubungkan kota kosmopolitan Quito dengan Guayaquil di pesisir pelabuhan. Jalur kereta baru ini juga menghubungkan Gunung Cotopaxi yang memiliki ketinggian 5.900 mdpl dan Nariz del Diablo. Jalur ini diyakini sebagai yang tercuram di Barat.

7. Eslandia
Tanyakan kepada wisatawan yang ada selama perjalanan Anda ke Eslandia, akan terlihat begitu mudahnya jatuh cinta kepada kepulauan kecil ini, entah kepada pemandangannya, hidangan ikan dan domba lezatnya, atau keramahan para penduduk lokal. Terjadinya inflasi mata uang krona hingga 75 persen memberikan keuntungan yang bisa menyelamatkan "dompet" wisatawan.

8. Turki
Banyak maskapai berbiaya murah membuka penerbangan ke Turki. Layanan transportasi bus pun bisa didapatkan dengan mudah di sini. Kita bisa menjelajahi kota tua bersejarah, Mardin dan Midyat; berpesta makanan yang fantastis di Gaziantep; dan melihat reruntuhan yang baru-baru ini ditemukan di Göbekli Tepe, dekat Sanliurfa. Selain itu, baru saja dibuka, jalur Abraham’s Path dengan sarana yang tersedia hanya homestay Kurdish yang sederhana, jauh dari wisata pantai ramai turis dan kota tua Istanbul.

9. Dominika
Pada kuartal pertama 2012, Dominika mengalami kenaikan 8,4 persen di bidang pariwisata. Dengan maskapai penerbangan menawarkan rute ke delapan bandara internasional di berbagai negara, serta kapal pesiar yang menambahkan Dominika sebagai pelabuhan utama, banyak orang yang datang ke negeri penuh matahari dan pasir ini. Berselancar di sini sebanding dengan tempat lain di Karibia.

10. Madagaskar
Setelah bertahun-tahun mengalami ketidakstabilan politik yang menghambat perkembangan pariwisata, Madagaskar kian mengalami pemulihan. Pemilihan presiden pada 2013 mendatang merupakan kemajuan demokrasi yang sangat besar (meskipun telah berulang kali ditunda).

Untuk wisatawan, sekaranglah waktu terbaik untuk berkunjung, sebelum negara ini membuka kesempatan kepada para penyedia jasa perjalanan. Bersiaplah untuk kebanjiran aneka fauna dan bentang alam di pulau terbesar keempat di dunia ini, layaknya negeri ajaib. Untuk mereka yang mencari tempat luar bisa, Madagaskar tidak akan mengecewakan.

sumber : http://www.tempo.co/read/news/2012/11/23/199443658/10-Negara-Wisata-Favorit-Tahun-2013

10 NEGARA PALING KAYA DI DUNIA

Kekuatan ekonomi suatu negara biasanya diukur melalui Produk Domestik Bruto (PDB). Menilik angka itu, Amerika Serikat masih menduduki posisi tertinggi sebagai negara kaya melampaui China dan Jepang, Agustus silam.

Namun, PDB tidak mampu menunjukkan kekayaan negara yang sesungguhnya karena bisa jadi uang itu hanya terkonsentrasi di sejumlah pengusaha, bukan pemerintah. Itulah mengapa nilai Pendapatan Nasional Bruto (PNB) menjadi penting untuk mengukur kekayaan suatu negara.

Berikut 10 negara dengan PNB tertinggi per kapita, berdasar data terbaru Bank Dunia, seperti dikutip dari laman Daily Finance:

1. Luxemburg
PNB per kapita: $58,810
Tingkat buta huruf: 1%
Tingkat pengangguran: 4,8%
Anggaran belanja pendidikan per PDB: 3,7%

Merupakan daratan kecil yang berbatasan dengan Prancis, Jerman, dan Belgia. Diapit sejumlah negara besar, negara ini tumbuh menjadi salah satu pusat bisnis utama di Benua Eropa. Dalam tiga tahun ke depan, negara ini berencana menyediakan layanan bandwidth dengan kapasitas supertinggi untuk mendorong pengembangan ekonomi digital yang canggih.

2. Norwegia
PNB per kapita: $55,190
Tingkat buta huruf: 0%
Tingkat pengangguran: 1,7%
Anggaran belanja pendidikan per PDB: 6,7%

Merupakan negara superkaya yang mendapat keuntungan besar dari ekspor minyak bumi pada 1970-an. Pendapatan utama negara ini berasal dari sektor minyak dan gas, juga teknologi dan komunikasi. Saking kayanya, negara ini mampu mendanai berbagai program sosial dan pendidikan tanpa membebani pajak. Tak heran jika tak ada warga buta huruf di sana.

3. Kuwait
PNB per kapita: $53,390
Tingkat buta huruf: 6%
Tingkat pengangguran: 1,3%
Anggaran belanja pendidikan per PDB: 3,8%

Negara kecil di Timur Tengah ini memiliki 9 persen dari cadangan minyak dunia. Tidak seperti negara penghasil minyak di sekitarnya, negara ini cukup stabil secara politik. Dibanding dengan negara Teluk lainnya, tingkat pendidikan di Kuwait cukup baik. Daya serap tenaga kerja mencapai lebih 98 persen, baik di bidang perminyakan atau ekspor semen dan bata.

4. Macau
PNB per kapita: $52,410
Tingkat buta huruf: 7%
Tingkat pengangguran: 3%
Anggaran belanja pendidikan per PDB: 2,2%

Daerah administrasi khusus di daratan China ini mendapat banyak pemasukan dari ekspor tekstil dan aneka produk manufaktur. Negara ini juga sangat terkenal sebagai salah satu destinasi perjudian dunia yang cukup masyur. Bahkan pada 2006, pendapatan dari sektor judi melebihi Las Vegas. Mayoritas warga memanfaatkannya sebagai ladang bisnis dengan membuka kasino, hotel, dan pembangunan resor untuk menarik wisatawan mancanegara.

5. Brunei
PNB per kapita: $50,920
Tingkat buta huruf: 5%
Tingkat pengangguran: 3,7%
Anggaran belanja pendidikan per PDB: 3,7%

Seperti Norwegia dan Kuwait, sumber utama pendapatan pemerintah adalah dari industri minyak. Sebanyak 60 persen warganya bergantung hidup di sektor itu. Kemapanan finansial membuat pemerintah sanggup memberikan pendidikan gratis hingga perguruan tinggi. Sekadar catatan, Sultan Brunei bahkan pernah menjadi orang terkaya di dunia. Namun belakangan, ada kekhawatiran, menipisnya cadangan minyak mentah akan menjatuhkan standar hidup negara itu.

6. Singapura
PNB per kapita: $50,780
Tingkat buta huruf: 5%
Tingkat pengangguran: 3,95%
Anggaran belanja pendidikan per PDB: 2,2%

Singapura mempromosikan diri sebagai pelabuhan yang ramah bagi perdagangan internasional. Pemerintah setempat sangat ketat mengontrol perekonomian rakyat melalui kemajuan bidang industri elektronik dan farmasi. Selain mengedepankan kesejahteraan umum dan jasa publik, pemerintah sangat peduli terhadap tingkat pendidikan masyarakatnya.

7. Amerika Serikat
PNB per kapita: $46,760
Tingkat buta huruf: 1%
Tingkat pengangguran: 9,6%
Anggaran belanja pendidikan per PDB: 5,6%

Jumlah penduduk dan kondisi geografis membuat negara adidaya ini tak muncul sebagai negara paling kaya di dunia. Bahkan angka pengangguran dua kali Luxemburg. Negara ini mengedepankan perekonomi kapitalis yang tak terlalu memprioritaskan program sosial. Namun, negara ini tak ragu menghabiskan anggaran besar untuk pendidikan. Meski tergolong maju, kesenjangan sosial-ekonomi di negara ini cukup kentara.

8. Hong Kong
PNB per kapita: $44,090
Tingkat buta huruf: 3,4%
Tingkat pengangguran: 3,6%
Anggaran belanja pendidikan per PDB: 3,3%

Ekonomi negara ini sangat bergantung pada re-ekspor sejumlah produk. Hong Kong mendapat keuntungan dari transisi ekonomi eksportir industri ke pusat perbankan internasional. Pemerintah Hong Kong pro perdagangan bebas. Negara ini memprioritaskan anggarannya untuk kesejahteraan publik dan pendidikan warganya.

9. Swiss
PNB per kapita: $43,440
Tingkat buta huruf: 1%
Tingkat pengangguran: 4%
Anggaran belanja pendidikan per PDB: 5,3%

Masyarakat Swiss mendapat keuntungan dari kebijakan pemerintah yang sangat ramah bisnis. Ini membuat Swiss menjadi pusat investasi dan perbankan internasional. Kebijakan pajak yang sangat ringan juga membuat Swiss tumbuh bak surga bagi para pengusaha kaya dunia untuk menghamburkan uangnya. Sektor jasa makmur telah berkembang untuk memenuhi tuntutan kelompok tersebut. Negara ini juga mendapat keuntungan besar dari ekspor mesin industri dan bahan kimia.

10. Belanda
PNB per kapita: $40,940
Tingkat buta huruf: 1%
Tingkat pengangguran: 3%
Anggaran belanja pendidikan per PDB: 5,5%

Pemerintah Belanda memainkan peran aktif dalam mempertahankan standar hidup tinggi bagi warganya. Belanda adalah model kebijakan ekonomi sosial liberal dan laissez-faire. Belanda memiliki ekonomi pasar bebas, yang didukung kekuatan pasar penyulingan minyak bumi dan industri mesin listrik. Kebijakan sosial liberal juga mendatangkan keuntungan melalui sektor obat-obatan terlarang dan wisata seks.

sumber :http://cucurahmanhaevi.blogspot.com/2012/12/10-negara-paling-kaya-di-dunia.html

10 Negara Terkecil di Dunia

1.  Vatican

vaticanLuas wilayahnya 0,2 mil persegi  dan berpopulasi 770 orang. dan  tak satu pun dari mereka adalah penduduk permanen. Negara kecil yang mengelilingi Basilika Santo Petrus merupakan pusat spiritual bagi umat Katolik Roma di dunia  (lebih dari 1 milyar ). Negara ini juga dikenal sebagai Tahta Suci. Vatikan dikelilingi oleh kota Roma, Italia.

2.Monaco

MOnacoMemiliki luas 0,7 mil persegi dan terletak di sepanjang Riviera Perancis di pantai Mediterania Perancis dekat Nice. 32.000 orang tinggal di negara ini yang terkenal dengan kasino Monte Carlo dan Princess Grace. Negara ini telah ada  sejak abad ke-13.

3.  Nauru

NauruLuasnya 8,5 mil persegi dan berpenduduk 13.000 orang dari Pulau Pasifik, Nauru mengandalkan deposito fosfat yang terus  berkurang. Negara ini merdeka pada tahun 1968 dan sebelumnya dikenal sebagai Pulau Pleasant.

4. Tuvalu

Tuvalu negaraLuasnya 9 mil persegi – Tuvalu terdiri dari 9 atol karang. Mereka merdeka  pada tahun 1978. Pulau yang sebelumnya bernama  Ellice  ini berpenduduk  12.000 orang.

5.  San Marino

sa Marino Flag ImagesLuas 24 mil persegi – Terletak di Gunung Titano- Italia utara pusat, San Marino memiliki 29.000 penduduk. Negara ini mengklaim sebagai negara tertua di Eropa, yang telah didirikan pada abad keempat.

6. Liechtenstein

Liechtenstein imageLuas 62 mil persegi – Penduduk 34.000 orang dan  terletak di Sungai Rhine antara Swiss dan Austria di Pegunungan Alpen.

7. Marshall Island

Marshall Island Flag ImageLuasnya 70 mil persegi – Kepulauan Karang (termasuk yang terluas di dunia, Kwajalein), terumbu karang, dan 34 pulau. Berpenduduk 58.000 orang. Merdeka pada tahun 1986, mereka dulunya bagian dari Wilayah Perwalian Kepulauan Pasifik (dan dikelola oleh Amerika Serikat).

8. Saint Kitts dan Nevis

Saint Kitts ImageNegara Karibia ini memilik luas  104 mil persegi – dengan penduduk sebanyak 39.000. Merdeka pada tahun 1983. Nevis adalah pulau yang lebih kecil dari Saint Kitts dijamin hak untuk melepaskan diri.

9. Seychelles

Seychelles ImageMemiliki luas 107 mil persegi dengan penduduk 81.000 orang dari kelompok pulau Samudera India telah merdeka dari Britania Raya sejak tahun 1976.

10.Maldives

Maldives ImageDengan luas 115 mil persegi – Hanya 200 dari 2.000 pulau-pulau di Samudera Hindia yang membentuk negara  yang ditempati oleh 340.000 penduduk. Kepulauan ini merdeka dari Inggris pada tahun 1965.
Akhir-akhir ini memang banyak muncul negara-negara kecil baru bahkan lebih kecil dari vatikan namun sejauh ini belum tercatat secara resmi di PBB. Negara-negara tersebut seperti Sealand Sealand negaradengan luas hanya 550 M2 danMolossia negara Molossia dengan luas Wilayah : 14.3 hektar didirikan pada Tanggal  3 September 1999.  Penduduknya hanya 3 orang manusia dan 3 ekor anjing

sumber :http://tarmidzi.com/?p=251

Indonesia Kunci Kemajuan Ekonomi ASEAN

BERLIN] Kalangan pengusaha Jerman melihat posisi Indonesia dianggap sebagai kunci kemajuan ekonomi ASEAN, bahkan Asia dan dunia. Hal itu berkat pencapaian pertumbuhan ekonomi yang di atas 6 persen, kekuatan ekonomi domestik yang terus meningkat, ditopang oleh arus penanaman modal asing yang terus masuk.

Hal tersebut disampaikan Presiden Asia Pacific Committee for German Business (APA) Peter Lochscher dalam business luncheon yang dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Wakil Kanselir yang juga Menteri Ekonomi dan Teknologi Jerman Philipp Rosler, serta sekitar 80 pengusaha Jerman dan 40 pengusaha Indonesia, di Hotel Adlon Kempinski, Berlin, Senin (4/3). Acara itu merupakan salah satu agenda kegiatan Presiden dan rombongan, dalam kunjungan kenegaraannya ke Jerman dan Hungaria.

Wartawan SP Primus Dorimulu melaporkan dari Berlin, Peter juga memuji liberalisasi perdagangan dan investasi di Indonesia. “Ekonomi Indonesia sudah melaju di rel yang benar. Jika ada dukungan infrastruktur dan kepastian hukum yang lebih baik, Indonesia akan luar biasa,” katanya.

Indonesia dan Jerman, lanjutnya, sama-sama terbesar di kawasannya. Indonesia adalah negara dengan penduduk dan produk domestik bruto (PDB) terbesar di ASEAN. Sedangkan, Jerman adalah negara dengan penduduk dan PDB terbesar di Eropa Barat. Kedua negara juga memiliki wilayah terluas di kawasan masing-masing.

Saat tanya-jawab dengan Presiden SBY, sejumlah pengusaha Jerman mempertanyakan kepastian hukum di Indonesia, terutama dalam kaitan dengan bisnis di sektor pertambangan. Mereka mengharapkan Indonesia memberikan kepastian hukum kepada para investor, selain perlunya percepatan pembangunan infrastruktur. Menjawab pertanyaan itu, Presiden SBY menegaskan, Indonesia terus memperbaiki iklim investasi, termasuk melakukan reformasi hukum dan birokrasi.

Para pengusaha Jerman juga mempertanyakan komitmen Indonesia dalam mengembangkan energi terbarukan, melakukan penghematan energi fosil, dan menurunkan emisi karbon. Menjawab pertanyaan itu, Presiden mengatakan, Indonesia terdepan dalam penurunan emisi karbon. Langkah yang ditempuh, antara lain sudah menetapkan target menurunkan emisi karbon 25 persen dengan kekuatan sendiri, dan 41 persen jika ada bantuan internasional pada tahun 2020.

Seusai business luncheon, Presiden SBY melakukan pertemuan bilateral dengan empat CEO perusahaan multinasional, yakni CEO Volkswagen AG Krsitian Klingler, CEO Siemens Peter Loschter, CEO Ferrostaal Klaus Lesker, dan CEO Accor Group Yann Caillere. Kepada Presiden, keempat petinggi perusahaan tersebut menyatakan komitmennya untuk meningkatkan investasi di Indonesia.

Sementara itu, pengusaha dari Indonesia yang hadir pada acara tersebut, antara lain Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto, Ketua Apindo Sofyan Wanandi, Chris Kanter, Edward Soeryadjaya, CEO Hyundai Indonesia Yongki Gunawan, dan CEO Panorama Budi Tirtawisata.

Presiden SBY, saat memberikan briefing pagi di Hotel Adlon Kempinski, menjelaskan, dengan penduduk 82 juta dan pendapatan per kapita US$ 42.000, PDB Jerman mencapai US$ 3,4 triliun, merupakan nomor satu di Eropa dan keempat di dunia. Sedangkan, Indonesia yang berpenduduk 240 juta, memiliki pendapatan per kapita US$ 3.600, dan PDB hampir US$ 1 triliun. PDB Indonesia terbesar di Asia Tenggara dan nomor 15 di dunia.

Indonesia, kata SBY, sudah memiliki Masterplan Percepatan Pembangunan dan Perluasan Ekonomi Indonesia (MP3EI), yang antara lain memberikan pedoman kepada para investor. Dalam MP3EI, Indonesia antara lain mendorong perkembangan pusat pertumbuhan baru, yakni Medan untuk Sumatera, Bandung dan Surabaya untuk Jawa, Palangka Raya untuk Kalimantan, Makassar untuk Sulawesi, dan Marauke untuk Papua. “Semuanya membutuhkan pembangunan infrastruktur dan ini peluang bagi pengusaha Jerman,” kata SBY.

Peter Loscher mengatakan, Indonesia memang membutuhkan jalan tol Trans Sumatera dan beberapa pulau besar lainnya untuk mempercepat konektivitas dan memperlancar distribusi barang.

Untuk meningkatkan kerja sama kedua negara, telah dibentuk Indonesia-Jerman Advisory Group. Kelompok konsultasi bisnis dan investasi ini terdiri dari sembilan orang Jerman dan tiga orang dari Indonesia, antara lain mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dan Ilham Habibie.

UKM Jerman
Pada kesempatan tersebut, Wakil Kanselir Jerman Philipp Rosler mengatakan, sekitar  70 persen lebih ekonomi Jerman digerakkan oleh usaha kecil dan menengah (UKM). Untuk meningkatkan kerja sama ekonomi kedua negara, UKM Jerman bersedia berinvestasi di Indonesia.

Merespons tawaran itu, Presiden SBY mengatakan, pilar utama ekonomi Indonesia adalah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dalam masa krisis ekonomi, seperti terjadi tahun 1998, UMKM terbukti tahan terhadap guncangan ekonomi global. Kedatangan UKM Jerman akan sangat membantu UMKM Indonesia dalam peningkatan kualitas produksi, manajemen, kualitas sumber daya manusia, dan pemasaran.

Para pengusaha nasional pun menilai positif kesediaan Indonesia menerima UKM Jerman. “Meski UKM Jerman itu skalanya lebih besar dari UKM Indonesia, kehadiran UKM dari negeri yang sudah maju akan membantu UKM Indonesia,” kata Sofyan Wanandi.

SUMBER : http://www.suarapembaruan.com/home/indonesia-kunci-kemajuan-ekonomi-asean/31788

Kemajuan Industri Otomobil Korea Selatan: Studi Kasus Hyundai Motor Company

Analisa Global Value Chain merupakan alat analisis yang fokus pada dinamisasi hubungan antara aktor dalam proses produksi, terutama melihat pada bagaimana aktor perusahaan dan negara terintegrasi secara global  (Kaplinsky & Morris, 2000, hal. 2). Alat analisa ini dipilih untuk menjelaskan proses kemajuan industrialisasi Korea Selatan karena industri otomotif merupakan industri yang memiliki keterkaitan dengan banyak industri lain. GVC meletakkan fokus analisa ke berbagai actor baik dalam dan luar negeri sehingga peserta dapat memahami sejarah dan proses manufaktur dari Hyundai yang dikenal masyarakat menjadi satu rangkaian mobil seperti yang kita lihat di jalan di sekitar kita. Dengan Global Value Chain, kita dimungkinkan untuk mengamati bagaimana konsep Rent, Governance dan Upgrading tercermin di kebijakan-kebijakan pemerintah Korea Selatan. Rent terlihat jelas dalam financial aid, kebijakan berorientasi ekspor, pembatasan impor dan kontrol investasi asing.
Komponen GVC yang kedua ialah Governance, dalam hal ini merupakan pola hubungan yang terjadi dalam proses kemajuan industri Korea Selatan. Di sini mekanisme pasar dan peran pemerintah memegang peran penting dalam tata kelola sistem produksi. Terdapat urutan perimbangan kekuasaan dalam Governance. Makin besar kekuatan pasar, makin kecil koordinasi yang terjadi dengan pemerintah. Sebaliknya, makin bersifat hierarki, makin kuat koordinasi maka makin kuat pula peran pemerintah.
Yang ketiga adalah Upgrading, merupakan usaha yang dilakukan pelaku bisnis lokal untuk meningkatkan kualitas produksi dan efisiensi. Ada berbagai macam Upgrading, yaitu process upgrading; peningkatan efisiensi proses produksi, product upgrading; memperkenalkan produk baru atau peningkatan dari produk yang sudah ada, functional upgrading; perluasan aktivitas guna menambah nilai tambah, dan chain upgrading; pindah ke mata rantai yang lain (Kaplinsky & Morris, 2000, hal. 37-42). Ada empat tahapan yang dilalui oleh Hyundai sehingga mandiri memproduksi otomotif. Tahap pertama (1962-1967), memproduksi mobil dengan kandungan lokal hampir nol, teknologi dan parts dipasok dengan melakukan joint venture dan foreign license. Tahap kedua (1968-1974), memproduksi Ford Cortina dengan 21 persen kandungan lokal. Tahap ketiga (1975-1981), Kandungan lokal meningkat hingga mencapai 85 persen. Tahap keempat (1982-1996), mulai memproduksi mobil sendiri dengan dukungan in house R&D, dan mulai mengekspor Excel ke Amerika. Dari tahapan diatas dapat dilihat bahwa Hyundai melakukan perluasan aktivitas guna menambah nilai tambah yang merupakan functional upgrading , dimana pada awalnya Hyundai hanya menjadi perakit kemudian berkembang memproduksi mobil sendiri dengan memperluas aktivitas ke pekerjaan desain dan lain-lain.
Dengan ketiga komponen Global Value Chain, para peserta diajak mempelajari proses Hyundai dalam menikmati keuntungan dari kebijakan pemerintah. Pembangunan infrastruktur dan jaringan komunikasi adalah dua kebijakan yang ditempuh oleh pemerintah agar proses produksi Hyundai menjadi murah dan efisien. Kontrol atas investasi asing dan pembatasan impor mendorong perkembangan dan kemajuan Hyundai sebagai produsen otomotif lokal. Masuknya perusahaan Amerika Ford mobil ke Korea Selatan juga menjadi sarana pertukaran informasi teknologi yang mampu dimanfaatkan oleh Hyundai.
Dilihat dari bentuk tata kelola industri otomobil yang terjadi, Korea Selatan memiliki pola yang relational. Pada awal berdirinya Hyundai, kebijakan pengaturan kandungan lokal 90 persen dan upaya pemerintah untuk memberdayakan pengusaha lokal menentukan bentuk tata kelola atau governance dalam rantai produksi industri otomobil di Korea Selatan. Selain itu, kultur pengusaha lokal dalam menjalin kerjasama bisnis didasarkan atas hubungan kekerabatan yang biasa disebut chaebol. Kedua hal tersebut mengakibatkan pola governance yang terjadi dalam proses rantai produksi Hyundai menjadi pola interaksi yang relational karena didasarkan pada kedekatan sosial. Fasilitas produksi Hyundai dibangun oleh perusahaan konstruksi chaebol. Mobil produksi Hyundai menggunakan aluminium, cat dan kaca otomotif yang disupply oleh chaebol dan pengirimannya ke luar negeri dengan menggunakan asuransi perusahaan chaebol dan kapal yang dibuat oleh perusahaan kapal milik Hyundai (Green, 1992, hal. 423). Dengan pola ini, harga produk dapat disesuaikan dengan cara mengalokasikan dana dari subsidiaries yang mendapat profit digunakan untuk mensubsidi yang merugi.
Krisis Ekonomi Asia 1997, pola tata kelola atau governance dalam proses rantai produksi Hyundai mengalami pergeseran. Krisis memaksa Hyundai untuk melakukan efisiensi pada proses produksi.melakukan standardisasi assembly produk sehingga sparepart Hyundai berspesifikasi umum. Perubahan ini juga berdampak pada governance Korea Selatan yang sebelumnya berpola hierarki menjadi modular. Bersamaan dengan perubahan tersebut, otomatis terjadi juga upgrading karena perubahan pola dari hierarki ke modular menghemat biaya produksi.
Becermin dari proses industrialisasi Korea Selatan, pertanyaan yang muncul dari peserta ialah bagaimana Indonesia dapat belajar untuk menciptakan iklim usaha dan produksi dalam negeri yang mendukung seperti mobil Esemka? Lebih lanjut lagi, bagaimana proses pemasaran yang dapat dicontoh? Dari dua pertanyaan yang muncul dari peserta diskusi, Alfian berusaha menjawab dengan format yang sama, yaitu peran pemerintah yang sangat diperlukan untuk bersaing dengan kompetitor dari luar. Mengambil contoh Hyundai yang diuntungkan dengan pola hirarki dalam konsep Governance dan perumusan kebijakan yang tepat, pemerintah Indonesia dapat belajar dari tiap konsep yang telah dijelaskan. Harus ada sinergi yang tercipta antara pemerintah dan pelaku usaha. Dari segi marketing, kualitas menjadi poin yang harus dipertimbangkan karena pemasaran secara global berarti siap dengan kualitas yang bersaing dengan pelaku usaha otomotif lainnya. Pertanyaan yang muncul selanjutnya ialah tentang bantuan terhadap pemerintah Korea Selatan. Sempat terkena krisis yang parah, negara kecil seperti Korea Selatan yang saat itu baru pulih dari perang saudara, tentu memerlukan bantuan untuk menghidupkan kembali industri dalam negeri. Menerima bantuan dari Jepang dan Amerika Serikat, industri Korea Selatan menempatkan industry otomotif sebagai tulang punggung perekonomian. Sejalan dengan keputusan tersebut, dibentuk berbagai badan untuk melancarkan dan mengawasi proses industrialisasi.
Dari diskusi yang berjalan, Alfian menekankan pentingnya peran pemerintah terhadap kemajuan industri suatu negara. Sinergi antara pemerintah dan para pelaku usaha sangat diperlukan untuk mendorong industri dalam negeri agar dapat bersaing dengan produk dari negara lain.
Keterangan foto: Alfian sedang menjawab pertanyaan peserta diskusi
Pemakalah: Alfian Eikman
Disadur oleh: Vinie Puspaningrum
Foto: Dimas
Catatan: CwtsPspd UGM tiap Senin seminggu sekali mengadakan diskusi yang terbuka untuk umum. Siapa saja dapat menjadi pembicara dalam diskusi tersebut, terutama yang mengangkat tema perdagangan internasional. Silakan menghubungi Vinie untuk informasi lebih detil. Pemikiran dan/atau pemaparan pembicara diskusi hanya mewakili pendapat individu pembicara dan tidak serta merta mewakili sikap/opini CwtsPspd UGM.

SUMBER : http://cwts.ugm.ac.id/2013/03/kemajuan-industri-otomobil-korea-selatan-studi-kasus-hyundai-motor-company/

5 NEGARA DENGAN KONEKSI INTERNET TERCEPAT DI DUNIA

Seiring dengan perkembangan teknologi, internet saat ini juga berkembang pesat. Di tahun 2013 ini, internet merupakan salah satu hal yang boleh dibilang sudah menjadi bahan pokok bagi mayoritas orang.

Dengan menjadikan internet sebagai hal yang penting dan selalu dibutuhkan, banyak negara-negara di dunia yang terus mengembangkan koneksitas internet mereka agar pengguna di negara tersebut akan mendapatkan layanan yang maksimal.

Dari sejumlah negara besar di dunia, ada 5 negara yang menurut data yang diperoleh Bloomberg (29/03) menjadi negara dengan koneksi internet paling cepat. Uniknya, negara-negara tersebut bukanlah berasal dari negara besar dan ternama di Eropa bahkan 3 di antaranya berasal dari Asia.

1. Hong Kong

Sejak berpisah dari China dan menjadi negara sendiri, Hong Kong dengan cepat berkembang pesat. Tidak hanya dari sisi perekonomian, dari segi teknologi pun, negara satu ini juga terus menampilkan hasil yang cukup bagus.

Di Q1 2013 ini, Hong Kong tercatat sebagai negara dengan koneksitas internet tercepat di dunia. Hal tersebut dikarenakan pemerintah negara ini sangat memberikan dukungan maksimal akan kemajuan teknologi internetnya.

Bahkan dalam catatan Bloomberg, kecepatan koneksitas internet Hong Kong dapat digunakan untuk mengunduh sebuah file dalam kapasitas sangat besar hanya dalam hitungan detik saja. Kecepatan koneksi internet di Hong Kong lebih dari 54 Mbps.

2. Korea Selatan

Negara yang sedang menghadapi serangan dari saudaranya, Korea Utara, ini menduduki urutan ke-2 sebagai negara dengan koneksitas internet tercepat di dunia. Kecepatan koneksi internet rata-rata di negara ini sebesar 49 Mbps.

Menurut catatan Bloomberg, salah satu yang menjaikan koneksitas di negara ini cepat karena game online sangat populer. Tentu saja karena game online membutuhkan koneksitas yang stabil dan cenderung cepat, maka secara logika koneksitasnya juga harus di atas rata-rata.

Bahkan tidak hanya cepat, harga untuk pemakaian layanan internet di Korea Selatan juga terhitung murah yaitu rata-rata US 30 per bulan.

3. Jepang

Apabila beberapa tahun lalu, koneksitas internet Jepang masih di atas Korea Selatan, untuk Q1 2013 ini, menurut pantauan Bloomberg, Jepang harus pasrah untuk menduduki peringkat ke-3 sebagai negara dengan koneksitas internet tercepat di dunia.

Tentunya bukan suatu hal yang mengherankan lagi kenapa negara ini memiliki koneksitas internet tercepat ke-3 dunia, salah satu alasannya adalah negara Matahari Terbit ini merupakan gudangnya inovasi teknologi yang membutuhkan segala kecepatan akses data.

Oleh karenanya, untuk mendukung perkembangan teknologi tersebut, pemerintah Jepang juga memberikan support agar koneksitas di negaranya dapat melebih rata-rata. Kecepatan koneksitas internet rata-rata i negara ini sebesar 42 Mbps.

4. Latvia

Apabila urutan 1-3 dikuasai oleh negara dari Asia, posisi ke-4 diduduki oleh Latvia. Negara satu ini memang bukanlah negara dengan luas wilayah yang besar.

Namun, karena pemerintah Latvia mendukung penuh akan kemajuan dan perkembangan serta akses internet dengan kecepatan tinggi, maka di Q1 2013, negara satu ini berhasil dapatkan predikat negara ke-4 dengan koneksitas internet cepat di dunia.

Bahkan kecepatan internet di negara ini berhasil ungguli Jerman yang notabene lebih kuat dan memilih luas wilayah lebih besar dari Latvia. Kecepatan koneksitas internet rata-rata di Latvia sebesar 37,5 Mbps.

5. Rumania

Kecepatan koneksitas internet di negara ini berselisih sedikit dengan apa yang dipunyai Latvia, yaitu sebesar 37,4 Mbps.

Walaupun kecepatan internet negara ini menurun dibandingkan tahun 2012 lalu, namun Rumania berhasil dapatkan peringkat ke-5 sebagai negara dengan koneksitas internet tercepat dunia mengalahkan negara-negara Eropa besar lainnya.

Negara kita kapan ya punya internet cepat.

sumber :http://iput0882.blogspot.com/2013/04/5-negara-dengan-koneksi-internet.html

15 MESIN PERANG BUATAN DAVINCI

Leonardo da Vinci  adalah arsitek, musisi, penulis, pematung, dan pelukis Renaisans Italia. Ia digambarkan sebagai arketipe "manusia renaisans" dan sebagai jenius universal. Leonardo terkenal karena lukisannya yang piawai, seperti Jamuan Terakhir dan Mona Lisa. Berikut adalah 15 Senjata Perang Rancangan Da Vinci :

1. Terminator Leonardo Da Vinci


Robot perang Leonardo Da Vinci baru ditemukan tahun 1957, saat Carlo Pedretti menemukannya di antara desain-desain Da Vinci lainnya yang tidak terhitung jumlahnya. Robot perang ini pertama kali disketsa oleh Da Vinci tahun 1495, disebutkan pertama pada tahun 1974, dalam Codex Madrid yang ditulis oleh Ladislao Reti, tapi baru mulai direkonstruksi ulang tahun 1996 oleh Mark Rosheim saat mempublikasikan sebuah studi independen mengenai robot bekerja sama dengan Florence Institute and Museum of the History of Science. Tahun 2002 Rosheim baru menyelesaikan keseluruhannya dengan membuat model fisik lengkap dari robot itu untuk sebuah dokumenter BBC. Sejak itu, sesosok prajurit yang yang dinamakan “Robot Leonardo” muncul di berbagai ekshibisi dan museum-museum.
Tahun 2007 Mario Taddei membuat penelitian baru mengenai dokumen-dokumen asli Da Vinci, menemukan data yang cukup untuk membangun sebuah versi dari prajurit robot itu, dengan lebih mendekati gambar desain aslinya. Robot ini didesain hanya untuk tujuan bertahan, tidak untuk perang. Gerakan-gerakannya seperti terbatas karena lengan-lengannya hanya bisa bergerak ke kanan dan ke kiri saat ditarik dengan sebuah tali. Model penting ini dipertunjukkan di berbagai ekshibisi di seluh dunia dan hasil penelitian Taddei telah dipublikasikan dalam bukunya “Robot-robot Leonardo Da Vinci”. 

2. Senapan Mesin 

Senapan mesin multi-laras merupakan sebuah senjata api yang hebat. Da Vinci mensketsanya sekitar tahun 1480 di Florence, mungkin sebagai jawaban atas kebutuhan raja akan seorang arsitek militer. Sebuah engkol tangan untuk mengatur elevasi dan reloading merupakan tantangan utamanya – terutama saat ditembakkan.
Meski kemampuan tembak cepat yang ada pada model senapan mesin berikutnya lebih baik, dengan desain yang luar biasa dengan mekanisme loading. Dengan melebarkan ruang tembaknya, prototipe Da Vinci dibuat dan menjadikannya sebuah senjata yang efektif melawan sebarisan pasukan. Ditambah lagi desain Da Vinci mudah dipindahkan di medan perang karena ringan dan ditempatkan di atas roda-roda.
 

3. Bom Cluster 

Untuk membuat bombard atau cannon, sebuah senjata yang sudah dikenal saat itu, bahkan lebih mematikan, Da Vinci juga mendesain proyektil-proyektil besar, terdiri dari tempurung di sekeliling spacers besi dan dipasangkan di dalam casing yang lunak. Sekali ditembakkan, penemuan ini meledak menjadi banyak pecahan-pecahan. Hal itu menjadikan range tembak dan impact yang lebih besar daripada sebuah peluru cannon.
4. Kereta Perang 
http://www.inagurasi.com/wp-content/uploads/2013/01/kereta-perang.jpg
Ini adalah salah satu manuskrip Da Vinci yang paling cantik. Dia membuat sketsa kuda menarik kereta terbuka yang dilindungi dengan pedang-pedang tajam dan melingkar yang bergerak di tengah pertempuran, membunuh semua di dekatnya. Pedang-pedang yang berputar khusus didesain untuk menebas lengan-lengan korbannya. Dalam salah satu gambarnya, Da Vinci mengilustrasikan pembantaian dalam detil yang mengerikan.
5. Cannon Baris 
http://www.inagurasi.com/wp-content/uploads/2013/01/Cannon-Baris.jpg
Gambar ini ada pada halaman pertama dari Codex Atlanticus. Gambarnya sendiri sangat legkap dan mengagumkan, mengilustrasikan rencana sebuah bombard dengan 16 cannon dalam suatu lingkaran. Aspek yang paling menariknya adalah pada pusat bombard itu sendiri, yang merupakan tempat sepasang tongkat mekanis dan roda-roda gir, membuatnya seperti sebuah senjata yang sangat besar. 

6. Tank 

Yang ini mungkin adalah salah satu dari proyek Da Vinci yang paling dikenal. Idenya untuk membuat panik dan kehancuran pada pasukan musuh dituangkannya dalam kendaraan perang mirip kura-kura ini. Dalam sebuah proposal kerja untuk Duke of Milan, Da Vinci membual “Aku bisa bikin kendaraan perang, aman, dan tidak terkalahkan, yang akan merangsek masuk dekat pada musuh dengan artilerinya dan dibelakangnya dapat mengikutinya tanpa ada perlawanan.” Cikal bakal tank moderen ini bisa bikin shock di medan perang abad 15-an, tapi ternyata desain ini memiliki kesalahan-kesalahan serius. Bahkan dengan beberapa modifikasi dia masih menghadapi berbagai kendala dan akhirnya menghentikan proyeknya.
7. Dinding Pertahanan 
http://www.inagurasi.com/wp-content/uploads/2013/01/benteng-pertahanan.jpg
Da Vinci mendesain pula metode bertahan yang rumit dan mengagumkan. Saat dinding diserang, pasukan dibalik benteng pertahanan dengan cepat dan mudah mengelak dari musuh dengan satu pergerakan menggunakan sebuah sistem tuas. Saat musuh menggunakan tangga untuk menrobos dinding, tuas-tuas akan dikaitkan untuk menggerakan rel-rel pada dinding dimana tangga disandarkan sehingga musuh akan berjatuhan.
8. Ketapel 

Desain dasar dari ketapel sudah digunakan ratusan tahun sebelum Da Vinci menyempurnakannya. Dia membuat beberapa model yang berbeda-beda. Desain utamanya menggunakan per daun ganda untuk menciptakan energi besar untuk melemparkan proyektil-proyektil batu atau material-material yang dibakar hingga jarak yang jauh. Loading dua per daun besar dilakukan menggunakan sebuah engkol tangan pada sisi ketapel.
9. Benteng 

Da Vinci mendesain benteng ini dengan ide mengutamakan kesalamatan dalam suatu serangan. Bentuk gabungannya inovatif dan bisa dijadikan bentuk pertahanan yang efektif dari serangan proyektil-proyektil artileri yang mematikan.
Benteng Da Vinci banyak dianggap sangat moderen dengan desain menara-menara bundar dan dinding eksterior yang sedikit miring untuk menyerap serangan-serangan bersenjata. Bagian paling pentingnya terletak di tengah, yang menurut gambar aslinya juga terdapat lorong-lorong bawah tanah rahasia. Sebagai tambahan, benteng ini juga dilengkapi dua lapis dinding konsentris, puncak di sekelilingnya, dengan maksud mengurangi impact tembakan cannon.
10. Cannon yang Mudah Dipindahkan 

Cannon adalah senjata yang sangat berat dan kereta untuk mengangkutnyapun sering macet. Da Vinci mendesain suatu struktur yang dengan mudah bisa dipereteli dan dipindahkan untuk kemudian dirakit kembali.
11. Springald 

Springald, suatu alat yang melemparkan batu-batu atau kayu besar seperti sebuah panah dengan swing arms di dalamnya. Contoh dari springalds digambar oleh Da Vinci dalam satu waktu saat dia juga menggambar senjata-senjata powder-propelled. Meski beberapa contoh hasil rekonstruksi bisa dijumpai, tidak ada bukti arkeologisnya yang ditemukan. Sangat mungkin karena material dari senjata ini didaur ulang saat tidak digunakan lagi.
12. Helikopter Da Vinci 

Leonardo Da Vinci dikenal sebagai penggagas pertama mesin yang terbang secara vertikal. Sketsa dari mesin terbang berbaling-baling yang bertahun 1493 ini baru ditemukan pada abad 19. Tediri dari sebuah wahana yang dipasangi baling-baling yang dikendalikan oleh suatu sistem yang belum sempurna benar. Desain ini bagaimanapun juga belum pernah digunakan.
Da Vinci dikatakan sebagai penemu pertama yang secara praktis memperkenalkan mesin terbang heavier-than-air. Dia juga pernah meyakinkan bahwa suat saat nanti jika manusia bisa terbang, itu akan menggunakan prinsip helikopternya. Dua ratus tahun kemudian memang terbukti mesin terbang prediksinya itu berhasil dibuat.
13. Kapal Perang 

Gambar kapal perang Da Vinci memperlihatkan sebuah kapal kecil yang di haluannya dipasangi metal dan digunakan menyerang kapal musuh. Juga dilengkapi perisai pelindung yang berputar dan akan terbuka setelah serangan berlalu.
Perisai pelindung melindungi dari kapal musuh dan membantu mendekati musuh. Perisai ini tidak akn dibuka untuk mengeluarkan cannon hingga setelah kapal perang ini meyerang kapal musuh atau berada terlalu dekat kapal musuh dan harus ditaklukkan. Perisai ini dipasang pada suatu sistem kerek (derek) yang bekerja sangat cepat. Sekali merendah ke air, perisai ini juga berfungsi sebagai rem untuk mencegah cannon bergerak. Perisai ditutup manual dengan kerekan.
14. Panah Raksasa 

Panah ini demikian besar hingga roda-roda yang berjumlah enam diperlukan untuk menjaga kestabilannya. Panah Da Vinci raksasa ini melepasakan bola-bola berat, bukannya anak panah.
Busurnya dibuat dari kayu-kayu yang lentur yang diikat kawat dan menempel di tempatnya oleh pin-pin yang bisa diputar. Bentangannya mencapai 13 meter dan ditarik oleh meknisme baling-baling yang rumit. Da Vinci memasang kerek untuk mengatur traksi pada bagian belakang panah yang juga merupakan mekanisme baling-baling kedua, didesain untuk mengurangi tenaga yang dibutuhkan untuk mengencangkan panah saat digunakan.
15. Senjata untuk Mengepung 
http://www.inagurasi.com/wp-content/uploads/2013/01/senjata-pengepung.jpg
Model dari Da Vinci ini memperlihatkan sebuah mesin yang didesain untuk menyerang benteng-benteng pertahanan. Mesin ini terdiri dari sebuah struktur yang mudah dipindahkan dengan jembatan yang dipersenjatai yang disandarkan pada dinding benteng, sementara pasukan mencoba memasuki kota atau kastil.
Da Vinci juga mendesain sistem klasik untuk digunakan dalam serbuan ke benteng-benteng kota musuh. Tangganya dibuat khusus dibuat dari roda-roda bergigi. Sebuah engkol memutar rodanya ke belakang dan ke depan yang mengangkat dan menurunkan tangganya.

sumber :http://gabohong.blogspot.com/2013/04/15-mesin-perang-buatan-da-vinci.html#.UYNLJ4fH2nA

KISAH PENCIPTA MP3,KISAH KARL HEINZ BRANDEBURG

Munculnya perangkat lunak MP3 telah mendorong dunia musik untuk tampil di barisan terdepan. Format data ini memungkinkan transfer file musik lewat internet sehingga dapat dengan mudah diunduh (di-download) oleh masyarakat, langsung dari PC mereka.

MP3 adalah kependekan dari MPEG Audio Layer III dan merupakan standar untuk kompresi audio yang dapat memperkecil file musik tanpa mengurangi (atau hanya sedikit mengurangi) kualitas suara yang dihasilkan. MP3 merupakan bagian dari keluarga MPEG, singkatan dari Motion Pictures Expert Group, suatu standar untuk format video dan audio yang menggunakan sistem kompresi.

Di Indonesia, format MP3 mulai populer seiring dengan menjamurnya lapak-lapak maupun distributor penjualan software. Tempat-tempat semacam ini biasanya memperjual-belikan CD (compact disc) berisi lagu-lagu dalam format MP3. Setiap keping CD dengan kapasitas 700 MB sanggup menyimpan kurang lebih 200 lagu. Inilah keistimewaan format musik MP3 yang membedakannya dengan format musik lain. Ukuran file-nya yang relatif kecil sangat memudahkan dalam penyimpanan maupun pemindahan (transfer).

Pencipta MP3

Namun demikian, belum banyak orang yang tahu mengenai kisah sang penemu, yang telah memadukan pengetahuan tentang matematika, suara, dan elektronika - yang secara luar biasa, melakukannya tanpa mengharapkan keuntungan pribadi.

Tolak Tawaran Dana
Kisah ini dimulai dari suatu tempat bernama Institut Frauenhofer, salah satu lembaga penelitian di Jerman yang paling prestisius dan memperkerjakan kurang lebih 250 orang sarjana. Mereka adalah para ilmuwan dan insinyur terbaik Jerman, walaupun kabarnya gaji yang mereka terima tidak lebih besar dari yang ditawarkan oleh standar industri.

Profesor Karl Heinz Brandenburg adalah salah satu ilmuwan yang bekerja di institut tersebut. Keterlibatannya dalam bidang kompresi musik dimulai sejak tahun 1977. Pada awalnya, Profesor Dieter Seitzer-lah yang memiliki gagasan untuk menciptakan suatu metode dalam mentransfer musik melalui jalur telefon standar.

Saat itu, idenya dianggap sebagai suatu teroboson brilian. Namun demikian, ia menolak setiap tawaran dana yang datang sebagai bantuan penelitian. Ia justru memutuskan untuk membentuk suatu kelompok kerja tersendiri yang terdiri dari para ilmuwan dan teknisi Frauenhofer yang memiliki minat terhadap topik semacam itu. Keberminatan Bradenburg terhadap matematika, elektronik, dan gagasan-gagasan nyleneh menjadikan mereka sebagai partner yang ideal.

Selanjutnya, penelitian mengenai kompresi file musik ini dipimpin langsung oleh Bradenburg, dan dilakukan di Institut Frauenhofer, divisi Integrated Circuits (Frauenhofer IIS), di Bavaria. Bradenburg kemudian memutuskan untuk berkonsentrasi pada upaya pengompresian file lewat algoritma. Hasilnya adalah algoritma "MPEG-1 Layer 3" yang kemudian dipersingkat menjadi "MP3".

Sedikitnya jumlah penelitian serupa yang pernah dilakukan sebelumnya memaksa Bradenburg dan kawan-kawan untuk menciptakan metode, teori, dan risetnya tersendiri. Kebanyakan dari pekerjaan mereka tidak hanya tentang bagaimana mengurangi ukuran file, melainkan untuk mengetahui tingkat penurunan kualitas suara yang masih dapat ditoleransi oleh persepsi manusia.

Otak dan Telinga
Dalam menciptakan MP3, Brandenburg menganalisis bagaimana otak dan telinga manusia menangkap suara. Teknik yang digunakan berhasil memanipulasi telinga dengan membuang bagian yang kurang penting pada suatu file musik. Sebagai contoh, apabila terdapat dua nada yang mirip, atau apabila nada tinggi dan rendah muncul secara bersamaan, otak hanya akan memproses salah satunya. Sehingga algoritma MP3 akan memilih sinyal yang lebih penting dan membuang sisanya. Sahabat anehdidunia.blogspot.com hasilnya adalah file MP3 mampu mengurangi ukuran file audio orisinal hingga 10 kali lebih kecil. Sebagai contoh, sebuah lagu dengan durasi 3 menit dapat menyita alokasi hard-disk sebesar 30 MB. Lagu yang sama dengan format MP3 hanya membutuhkan ruang sebesar 3 MB dengan penurunan kualitas suara yang minimum.

Penemuannya telah mendapatkan sejumlah perhatian di negaranya sendiri, Jerman. Tetapi sambutan hangat justru ia peroleh saat berkunjung ke Silicon Valley untuk melakukan presentasi pada 1997. Di sana ia mendemonstrasikan pengetahuannya mengenai cara menekan ukuran file WAV tanpa membuat pendengar mengetahui perbedaannya. Beberapa pihak pun menunjukkan ketertarikannya untuk membeli proyek tersebut atau mengambil alih hak kepemilikannya. Namun, Institut Frauenhofer bersikeras untuk menjaga semua hak ciptanya, walaupun mereka sebenarnya tidak memiliki banyak uang untuk mengawasi perlindungannya.

Diawali dengan Winamp
Kesuksesan MP3 dimulai pada 1998, ketika Winamp, sebuah mesin pemutar MP3 yang dibuat oleh sepasang mahasiswa bernama Justin Frankel dan Dmitry Boldyrev, ditawarkan secara cuma-cuma di internet. Dalam seketika, penikmat musik di seluruh dunia terhubung dalam satu jaringan pusat bernama MP3, dan saling menawarkan musik-musik yang memiliki hak cipta, secara gratis.



Sebelum terlalu lama, programmer lain pun seperti tidak mau ketinggalan kereta. Mereka menciptakan berbagai perangkat lunak pendukung untuk para pencinta MP3 (MP3 junkies). Encoder, ripper, dan player terbaru dirilis setiap minggunya, dan pertumbuhannya bergerak semakin kencang. Mesin-mesin pencari pun membuat proses pencarian file MP3 tertentu yang dikehendaki menjadi semakin cepat. Selain itu, player portabel seperti Rio dan iPod membuat MP3 dapat dinikmati sambil berjalan.

Saat ini, MP3 ditawarkan sebagai program shareware. Ini artinya siapa pun yang berminat dapat mendaftarkan pada Institut Frauenhofer dan membuat perangkat lunak atau file MP3-nya sendiri. Sejujurnya, mengenai hal tersebut, Bradenburg memang tidak memiliki banyak pilihan karena proyek ini tidak memiliki partner software langsung dan tidak memiliki anggaran untuk membuat rantai distribusi dan pemasarannya sendiri.


Brandenburg menyatakan bahwa ia sangat puas dengan pekerjaannya dan tidak mengambil keuntungan apa pun daripadanya. Ia pun mengaku tidak memiliki selembar saham pun di perusahaan internet atau perusahaan lain yang menggunakan format MP3. Bahkan, ia tidak tertarik terhadap uang sama sekali. "Saya tidak peduli dengan angka-angka yang ada di buku tabungan saya. Tetapi, saya sangat puas dengan apa yang telah saya lakukan, dengan rekan-rekan kerja, dan apa yang telah kami hasilkan bersama," ujarnya pada majalah Jerman, Der Spiegel. Namun demikian Brandenburg tidak berpikir bahwa sistem ini akan menghancurkan industri musik seperti yang banyak pihak telah ramalkan. "Saya pikir hal itu tak akan terjadi, tetapi kita memang telah mengubah industri... Industri harus memahami cara mengendalikan media digital yang baru ini dan peluang yang menyertainya. Mereka harus berkonsentrasi pada hal-hal yang positif ketimbang yang negatif."

Menolak Tawaran
Dengan segala kesuksesan yang telah ia raih, berbagai tawaran menggiurkan pun datang menghampiri, termasuk posisi keprofesoran di Amerika Serikat. Meski demikian, ia tetap bersikap sederhana dan rendah hati. Tampaknya ia sudah cukup bahagia dengan 'dunia kecil'-nya di pinggiran kota Berlin.

Ia pernah berkata pada pers Jerman bahwa setiap kali ia berselancar di internet dan menemukan situs MP3 terbaru dan mengetahui bahwa masyarakat menikmati sesuatu yang pernah ia buat, "Hal itu memberikan perasaan senang yang tak terlukiskan, " ujar Brandenburg suatu hari.

sumber : http://gabohong.blogspot.com/2013/04/kisah-pencipta-mp3-kisah-karl-heinz.html#.UYNKVIfH2nA

INILAH MONYET-MONYET PENAKLUK LUAR ANGKASA

Abad 20 merupakan tonggak sejarah umat manusia dalam pencapaian di bidang penerbangan luar angkasa. Pada abad inilah manusia benar-benar memulai ambisinya untuk dapat terbang menjelajah luar angkasa. Uni Soviet dan Amerika Serikat merupakan negara-negara pelopor dari proyek-proyek ambisius ini. Ketegangan pada masa perang dingin menjadikan salah satu pemicu kedua negara tersebut untuk hanyut dalam kompetisi sarat gengsi pada berbagai bidang. Tidak hanya pada ideologi dan militer (alutsista), tetapi juga pengembangan teknologi.

Pada tanggal 12 April 1961, Uni Soviet memulai menabuh genderang kompetisi teknologi antariksa dengan mengirimkan Yuri Gagarin sebagai menusia pertama yang pergi ke luar angksa dengan roket Vostok 1. Tak mau dikatakan tertinggal oleh rivalnya Uni Soviet, Amerika serikat juga telah mempersiapkan proyek luar angkasanya yang tak kalah hebatnya yaitu mendaratkan manusia di Bulan. Inilah proyek ambisius Amerika Serikat pada masa pemerintahan Presiden J.F Kennedy.

Kini penerbangan manusia ke luar angkasa bukanlah menjadi sesuatu hal yang spektakuler lagi. Baru-baru ini kita dapat melihat NASA mengirimkan astronot-astronotnya keluar angkasa dalam misi perbaikan teleskop Hubble.

Sejarah panjang penerbangan luar angkasa jika kita telusuri memiliki banyak hal yang menarik. Salah satunya ialah dikirimnya hewan-hewan keluar angksa dalam berbagai eksperimen jauh sebelum pengiriman manusia itu sendiri. Monyet terbukti menjadi hewan favorit oleh para ilmuwan sebagai kelinci percobaan. Berikut ini merupakan sekelumit foto-foto dokumentasi mengenai para monyet “penakluk” luar angkasa.




Monyet mungil dalam gambar diatas bernama Baker. Foto yang diambil di tahun 1959 ini memperlihatkan Baker sedang berada didalam biokapsul NASA dengan tatapan mata yang saya sangat yakin mengisyaratkan ketidak nyamanan serta rasa takut. Gambar ini diambil sesaat sebelum Baker akan melakukan misi keluar angkasanya. Baker berserta seekor monyet yang lainnya bernama Able diterbangkan menggunakan roket Jupiter AM-18 pada 28 Mei 1959.


Ia kembali ke bumi dalam keadaaan hidup setelah terbang selama 15 menit. Hal ini menjadikannya sebagai perimata pertama yang dapat bertahan hidup selama misi-misi percobaaan semacam ini. Namun sebenarnya, sepuluh tahun sebelum penerbangan Baker, seekor monyet bernama Albert II menjadi monyet yang mampu bertahan hidup selama misi di luar angkasa. Namun sayang kehidupannya berakhir setelah roket yang ditumpanginya hancur menabrak bumi karena tidak dapat mendarat dengan sempurna.


Sam, monyet pemberani ( pemberani atau terpaksa ya?) pada gambar diatas dikirim menggunakan roket Mercury pada bulan Desember 1959. Ia mengikuti jejak pendahulunya Baker dan Able dalam misi luar angkasa di tahun 1959. Sam ditugaskan dalam misi percobaan sistem kemanan dan keselamatan pesawat. Roket Mercury melepaskan biokapsul – dimana Sam berada didalamnya – beberapa menit setelah penerbangan. Kapsul yang ditumpangi Sam berhasil mendarat di Samudera Atlantik setelah pada ketinggian 82 km ia dijatuhkan kemudian melayang-layang di udara. Sam berhasil selamat dalam misi ini dan ia hidup hingga tahun 1982.

Tiga simpanse bernama Duane, Jim , dan Chu pada foto diatas sedang dibaringkan didalam kapsul saat berada di pangkalan udara Holloman, New Mexico, pada Januari 1961. Mereka dikirim untuk penelitian mengenai tingkat kelelahan saraf serta tekanan psikologis selama di luar angkasa.


Pada 31 Januari 1961, seekor Simpanse bernama Ham diterbangkan pada ketinggian 185 kilometer ke angkasa dengan kecepatan 7080 km/jam. Ham manaiki roket Mercury-Redstone. Ia juga berhasil selamat setelah mendarat di Samudera Atlantik setelah misi selama 16,5 menit. Delapan bulan kemudian setelah penerbangan Ham, simpanse lainnya bernama Enos berhasil menjadi simpanse pertama yang terbang hingga ke Orbit Bumi.


Tidak hanya Amerika serikat dan Uni Soviet saja yang melibatkan hewan sebagai percobaan-percobaan penerbangan keluar angkasa, program luar angkasa Prancis juga melakukannya. Mereka menggunakan jasa ketiga monyet pada gambar di atas. Penerbangan ini dilakukan pada tahun 1967.

sumber:http://gabohong.blogspot.com/2013/03/inilah-monyet-monyet-penakluk-luar.html#.UYNJZofH2nA

INI ROBOT-ROBOT TERCANGGIH SA'AT INI

Teknologi robot makin berkembang dengan kemampuan meniru gerakan manusia (humanoid) yang makin disempurnakan. Tidak hanya gerakan manusia, hewan piaraan pun ditiru dengan kemampuan yang mirip aslinya. Tentu saja robot-robot ini tidak bisa menggantikan keberadaan manusia atau hewan piaraan, tapi setidaknya sudah terbukti mampu membantu berbagai macam pekerjaan yang biasa dilakukan oleh manusia dan bahkan mampu menjadi entertainer sebagai penari misalnya.

1. Yume Neko Smile: the robo-cat

Seneng kucing tapi alergi sama bulu kucing ? Segatoys punya solusinya. The Yume Neko Smile ("Senyum Kucing Impian") adalah robot kucing yang unik tidak seperti mainan biasa. The Yume Neko Smile tingginya 13 inci dan berat 4,5 pound. Dilengkapi dengan 5 sensor yang tersembunyi yang bereaksi terhadap sentuhan. Yume Neko tidak akan bisa memburu tikus tapi matanya bisa berkedip, menggerakkan mulutnya, lehernya, menaikkan pantatnya, dan tiduran, serta selalu mendengkur, meong, dan coba tekan ekornya, dia akan marah dan mendesis. Setelah ditinggal dalam satu saat, seperti layaknya kucing sungguhan, dia akan tertidur, mulai mendengkur pelan dan akhirnya diam dalam mode low-power. Tentu saja, kucing ini bulunya tidak bau dan tidak bikin alergi.
2. Murataseiko-chan: Robot Sepeda Satu Roda

Produsen alat elektronik Murata Manufacturing Co., Ltd., pencipta robot "Murata Boy" yang populer, membuat robot dengan kemampuan menyeimbangkan dirinya sendiri yang diberi nama "Murata Seiko-chan." Tidak hanya menyeimbangkan dirinya saat mundur dan maju, tapi juga mendeteksi halangan dengan sensor-sensornya dan bergerak mendahului atau memutarinya. Robot dengan tinggi 50 cm dan berat 5 kg ini dilengkapi dengan bluetooth dan kamera yang mengirim sinyal video live.
3. Toyota's Humanoid: robot pemain biola

Toyota baru-baru ini memperkenalkan robot baru yang mampu bermain biola. Meski permainannya belum terdengar sempurna, robot dengan tinggi 1,5 m ini mampu memainkan "Pomp dan Circumstance" dari Elgar tanpa salah.
4. AR: Robot Pelayan dari Jepang

Assistant Robt (AR) asli Jepang ini lumayan tangguh untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan seperti mencuci, ngepel, dan membersihkan dapur. Tapi jangan seneng dulu, produsennya bilang butuh satu atau dua dekade untuk memproduksi massal robot ini.
5. LandShark: Robot Peace Maker

Misi robot yang didesain oleh Black-i Robotics ini adalah untuk perdamaian dunia - robot ini mampu menjinakkan bom. Perusahaan pembuatnya didirikan oleh Brian Hart setelah dia kehilangan anak laik-lakinya dalam perang Irak. Robot ini cukup rumit dan didesain khusus sebagai penjinak bom dan menyelamatkan prajurit yang terluka dalam perang.
6. Ac-Yut II: Robot Kung-Fu yang Menari

AcYut adalah robot humanoid India pertama yang dibuat di Centre for Robotics & Intelligent Systems, BITS Pilani, India. AcYut artinya "abadi" atau "tak akan pernah gagal" dalam bahasa sansekerta. Desain robot ini memenangi medali perunggu untuk kategori Humanoid kelas menengah pada perhelatan 2009 RoboGames di San Fransisco. Robot ini memiliki keseimbangan yang luar biasa dan suka kungfu. Lihat videonya di bawah ini:
7. EMA: Robot Jepang yang Bisa Berciuman

EMA (Short for Eternal, Maiden, Actualization) adalah robot humanoid "hot" pertama dari Jepang. Didesain oleh Sega, tingginya 38 cm, robot montok yang suka mencium, bernyanyi, dan bergoyang. Menggunakan sensor-sensor infra merah dan bertenaga baterai, gadis kecil ini akan mencium orang yang berada di dekatnya, menjadi apa yang desainernya sebut "Love Mode". Dia juga kemana-mana membawa kartu nama. Cool...
8. Cockroach robot: Robot Kecoak

Mungkin keliatan sedikit menjijikkan, tapi robot-robot kecil ini ternyata bisa menarik kecoak-kecoak lainnya, berkumpul tanpa terdeteksi bohongnya. Berharap dapat mempelajari perilaku kecoak lebih jauh, sekumpulan peneliti yang dipimpin oleh Jose Halloy di the Free University of Brussels, Belgia, mendesain robot-robot kecil ini untuk menjadi seperti kecoak sungguhan.
9. ASIMO: Robot Humanoid dari Honda

Siapa tidak kenal dengan robot buatan Honda yang satu ini. Tingginya 130 cm dengan berat 54 kg, robot ini seperti seorang astronot kecil dengan tas di punggungnya dan mampu berjalan layaknya manusia biasa pada kecepatan 6 km/jam. ASIMO dibuat di Honda's Research & Development Wako Fundamental Technical Research Center, Jepang. Saat ini merupakan model yang ke-11 sejak mulai dibuat tahun 1986. ASIMO memiliki kemampuan luar biasa untuk mendeteksi objek bergerak, mengenali postur dan isyarat, mengenali lingkungan sekitarnya, membedakan suara, dan mengenali wajah (hingga 10 wajah).
10. QRIO: Robot yang Bisa Menari-nari

QRIO ("Quest for cuRIOsity") adalah sebuah robot humanoid bipedal untuk pertunjukan yang dijual oleh Sony mengikuti kesuksesan mainan AIBO sebelumnya. QRIO tingginya sekitar 60 cm dengan berat 7,3 kg. QRIO mampu mengenali suara dan wajah sehingga mampu mengingat orang lain. QRIO begerak dengan kecepatan 23 cm/detik dan masuk dalam buku Guinness World Records (2005 edition) sebagai robot bipedal pertama (dan tercepat) yang mampu berlari. Generasi keempatnya memiliki baterai yang mampu bertahan hingga 1 jam. Programmernya membutuhkan waktu tiga minggu untuk memprogram koreografinya.

saumber:http://gabohong.blogspot.com/2012/01/ini-dia-robot-robot-tercanggih-saat-ini.html#.UYNIqofH2nA

Teknologi Hijau Daihatsu, Teknologi Saat Ini dan Masa Depan

Bumi yang kita tempati saat ini, dari hari ke hari semakin panas. Begitu juga dengan udara yang kita hirup setiap saat pun dari waktu ke waktu semakin tidak sehat karena tercemar berbagai polusi, seperti polusi air, tanah bahkan polusi udara yang disebabkan asap pabrik dan asap kendaraan bermotor.
Banyaknya kendaraan bermotor di sekitar kita, menyebabkan udara yang kita hirup semakin tidak sehat, maka wajar saat ini banyak orang yang menggunakan masker kemanapun mereka pergi untuk menghindari polusi udara yang diakibatkan karena debu dan asap kendaraan bermotor.
Untuk mengatasi hal tersebut perlu kepedulian bersama antara masyarakat, pengusaha, pemerintah dan instansi yang terlibat dalam hal ini. Masyarakat harus sadar dan diajak untuk menggunakan kendaraan atau mobil yang menggunakan teknologi bebas timbal atau yang tidak menyebabkan polusi udara.
Begitu juga pengusaha dan organisasi otomotif di Indonesia harus menciptakan atau memproduksi kendaraan yang bebas polusi untuk terjaminnya udara yang segar dan bersih untuk saat ini dan masa depan anak cucu kita.
Peran serta pemerintah pun sangat vital, karena pemerintah adalah sebagai faktor penentu dari sebuah kendaraan layak atau tidaknya dijual di pasaran. Apakah kendaraan yang akan dipasarkan mengandung timbal atau menyebabkan polusi atau tidak. Semua kebijakan tentunya jangan sampai hanya menguntungkan salah satu pihak saja atau hanya untuk kepentingan sesaat, tidak memikirkan masa depan lingkungan untuk anak cucu kita.
Untuk itu diperlukan kendaraan-kendaraan yang menggunakan teknologi hijau. Teknologi hijau sendiri diartikan teknologi yang ramah lingkungan dengan tidak mengeluarkan polusi yang bisa merusak kesehatan pernafasan manusia, hewan dan lingkungan sekitarnya.
Salah satu produsen otomotif dunia yang berasal dari Jepang yakni Daihatsu, sudah menerapkan teknologi hijau pada kendaraan terbarunya. Teknologi hijau Daihatsu memiliki tiga tahap dalam pengembangannya.
d3194dce234455456c464c797a682430_stage1ecoTahap pertama disebut dengan “Eco-Idle”. Sistem teknologi ini mampu mengatur hidup dan mati mesin secara otomatis dalam keadaan macet untuk mencapai efisiensi konsumsi bahan bakar. Dengan sistem i-EGR, mesin mampu menghasilkan pembakaran sempurna dan mengeluarkan gas karbon dioksida atau CO2.
3607929e2a2f6b9670c05dbdeadd50fa_stage2ecoSetelah itu masuk ke tahap kedua, dimana Daihatsu melanjutkan dengan pemakaian mesin 2 silinder turbocharged. Dengan penggunaan mesin 2 silinder turbocharge ini diklaim bobot jantung pacu lebih ringan lantaran pemakaian komponen lebih sedikit. Ditunjang dengan “active ignition system” dan berbagai pengembangan lainnya, efisiensi bahan bakar bisa mencapai 30%.
e47f965fb35311ffa26907e4a5860486_stage3ecoTahap ketiga adalah penggunaan Precious Metal Free Liquid Feed Fuel Cell (PMfLFC). Pada tahap ini, emisi gas buang CO2 nol sehingga tidak berbahaya bagi manusia, hewan, tumbuhan dan lingkungan sekitar guna mewujudkan kendaraan ramah lingkungan. Jadi, Bahan dari sumber daya alam terdapat pada kendaraan, sehingga biaya yang dikeluarkan oleh pemilik kendaraan lebih rendah.
Selain itu, Daihatsu fokus pada penggunaan bahan bakar cair baru yaitu Hidrazin Hidrat. Zat ini sangat tepat untuk mobil ramah lingkungan generasi baru karena memiliki kepadatan energi yang tinggi dan tidak menghasilkan CO2.
Dengan beberapa tahap teknologi hijau yang ada di mobil Daihatsu ini, diharapkan mampu mengurangi pencemaran udara dan lingkungan di bumi Indonesia, dan mampu mengurangi pencemaran udara di dunia.
Harapan saya kedepannya mobil Daihatsu tidak hanya menggunakan teknologi hijau, tetapi juga teknologi hemat energi dengan menggunakan teknologi yang menggunakan Bahan Bakar alternatif selain BBM (Bahan Bakar Minyak). Ayo kita dukung gerakan Teknologi Hijau dan Hemat Energi untuk Indonesia.

sumber :http://taktiktek.blogdetik.com/2013/04/15/teknologi-hijau-daihatsu-teknologi-saat-ini-dan-masa-depan/